Selasa, 30 Agustus 2011

Limbah ternak sebagai pupuk organik

Daur-ulang limbah ternak berperanan dalam mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, dan secara bersamaan juga meningkatkan produksi tanaman. Suatu hal yang cukup nyata bahwa limbah ternak yang cukup banyak dapat diubah menjadi pupuk organik yang berharga murah. Kotoran ternak mempunyai nilai pupuk (padat dan cair) yang tinggi dan mudah terdekomposisi. Cara tradisional yang umum dilaksanakan untuk meningkatkan kandungan bahan organik tanah, adalah menambahkan bahan yang belum matang dalam bentuk pupuk kandang, kompos atau bahan tanaman seperti pupuk hijau. Penggunaan pupuk kandang sebagai sumber hara tanaman merupakan praktek pertanian yang sudah lama dilaksanakan oleh petani di wilayah tropika Asia, terutama di tanah sawah.

Penggunaan pupuk kandang sudah cukup lama di identikkan dengan keberhasilan program pemupukan dan pertanian berkelanjutan. Hal ini tidak hanya karena mampu memasok bahan organik, tetapi karena berasosiasi dengan tanaman pakan, yang pada umumnya meningkatkan perlindungan dan konservasi tanah. Kondisi ekonomi yang cukup berat bagi petani disatu pihak dan usaha mempertahankan dan meningkatkan kesuburan tanah di pihak lain. mengharuskan petani mempertimbangkan kembali semua bentuk pembenah organik yang tersedia setempat, seperti pupuk kandang, residu tanaman dan pupuk hijau.
Sebelum kita memanfaatkan pupuk kandang di lahan pertanian, maka diperlukan pengkajian yang cukup mendalam tentang kebiasaan petani terhadap pupuk kandang yang dimiliki, karena masalah teknis dan sosial petani sering mengharnbat program yang telah disusun, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pupuk kandang berhubungan dengan komposisi hara yang dikandung. Pilihan antara pupuk kandang dan pupuk anorganik hanya karena pertimbangan kandungan tiara, ekonomis, transportasi dan aksesbilitas.
1. Pupuk Kandang Kering
Penggunaan pupuk kandang kering dianjurkan berdasarkan alasan kebersihan, pupuk kandang kering juga mengurangi pengaruh kenaikan temperatur selama proses dekomposisi dan terjadinya kekurangan nitrogen yang diperlukan tanaman. Untukk mempercepat proses pengeringan, maka pupuk kandang dicampur debu atau lumpur kering dalam jumlah yang seimbang, kemudian diletakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung dan diberi penutup sampai pupuk tersebut dimanfaatkan.

Abu bakaran dapur atau abu bakaran yang lain dapat ditambahkan, dengan komposisi 40% pupuk kandang dan masing-masing 30% untuk debu atau lumpur. Campuran ini disimpan dalam kondisi analog sampai saatnya diperlukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk kandang kering mempunyai kandungan nitrogen yang bervariasi, sapi 2,41%, kerbau, 1,09%, babi 2,11%, dan ayam ras 3,17%. Kandungan nitrogen tidak pernah stabil dan berubah setiap waktu.

2. Pupuk Kandang Cair
Pupuk kandang cair juga baik sebagai sumber hara tanaman. Mengumpulkan pupuk kandang cair dilakukan dengan cara yang baik, maka bahan ini merupakan sumber pupuk yang dapat dimanfaatkan dengan mudah. Saran menggunakan pupuk kandang cair:
1. Lantai kandang dan tempat memandikan ternak harus terbuat dari semen demikian juga bak penampungan limbah cair dan kencing dibuat dengan ukuran 3 x 3 m dan kedalaman 1,5 m. Gulma dan tanaman air dimasukkan ke dalam bak penampungan dan biarkan selama 2 minggu untuk proses fermentasi. Pupuk kandang cair dapat dimanfaatkan dengan cara menyiramkan pada tanaman.
2. Buat kolam penampungan sehingga kencing ternak dan limbah cair lainnya dapat ditampung. Sebelum kencing dan limbah cair lainnya mencapai kolam. buang atau pisahkan bahan padat dan dimanfaatkan untuk membuat kompos. Untuk menyaring bahan padat dapat menggunakan kasa atau jaring pada ujung saluran pembuang.
3. Buat bak yang terbuat dari beton atau semen berukuran 2 x 2 m dan ketinggian 1 m. Campur kencing ternak dengan air untuk mengencerkan sebelum digunakan untuk menyiram tanaman.
4. Dapat membuat saluran pembuang yang terbuat dart semen atau beton langsung ke lahan pertanian.

3. Mengelola Pupuk Kandang
Sebetulnya tidak mudah memanthatkan kotoran ternak sebagai pupuk kandang tanpa mengandung limbah yang lain karena bersifat ruah dan mudah rusak. Menyebar pupuk kandang ke lahan pertanian mengurangi kehilangan hara yang dikandung pupuk kandang. Cara terbaik untuk mengelola pupuk kandang adalah melindungi dari terik matahari langsung atau terkena air hujan sampai pupuk tersebut digunakan. Ada empat sistem yang umum dilakukan untuk menangani pupuk kandang:
a. Mengumpulkan pupuk kandang segar setiap hari dan ditaburkan langsung di lahan.
b. Disimpan dalam lubang atau ditimbun dan dihindarkan dari terik matahari langsung dengan diberi pelindung/penutup. Biarkan pupuk kandang tersebut mengalami proses fermentasi sebelum digunakan.
c. Pupuk cair disimpan dalam kondisi aerob dan dilakukan perlakuan tertentu sebelum digunakan.
d. Pupuk cair disimpan secara anaerob dan dilakukan perlakuan tertentu sebelum digunakan.

Tujuan penggunaan superfosfat adalah untuk meningkatkan kualitas pupuk kandang, yakni:
1. menekan kehilangan nitrogen dalam bentuk amoniak;
2. meningkatkan kandungan fosfat pupuk kandang dan membuat pupuk dengan kandungan hara berimbang;
3. meningkatkan efisiensi penggunaan fosfat oleh tanaman, karena pada umumnya koloid tanah mengikat kuat fosfat yang diberikan dalam bentuk pupuk.

4. Penggunaan Pupuk Kandang Segar Setiap Hari
Kotoran ternak dari kandang dibersihkan kemudian dikumpulkan di tempat penimbunan, dicampur atau diperkaya dengan pupuk fosfat, kemudian disebar di lahan. Cara terbaik untuk menghindarkan terjadinya kehilangan akibat proses dekomposisi dan volatilisasi, adalah meningkatkan kualitas hara pupuk kandang yang akan digunakan.

Penggunaan pupuk kandang segar secara langsung ke tanaman selalu tidak menguntungkan dan menimbulkan masalah karena kandungan, gulma, organisme penyebab penyakit dan senyawa toksik yang kemungkinan dikandung ekskresi. Penggunaan pupuk kandang segar kemungkinan besar timbul panas selama proses dekomposisi dan juga tanaman kekurangan unsur tertentu.
Terlepas dari masalah polusi, proses fermentasi kemungkinan dihasilkan bahan pupuk yang lebih baik daripada bahan yang segar.

5. Komposisi Pupuk Kandang
Limbah yang berasal dari kandang ternak jumlahnya cukup banyak terutama di desa-desa yang, masih memanfaatkan ternak sebagai tenaga mengolah atau ternak sebagai salah satu usaha meningkatkan kegiatan pertanian secara terpadu. Limbah ternak tersebut ada yang dimanfaatkan untuk pupuk kandang, tetapi ada juga yang dibakar. Bahan-bahan ini semua cukup potensial sebagai sumber hara untuk campuran residu tanaman pada saat pengomposan.

Salah satu faktor kritis yang perlu dipahami dalam proses pengomposan adalah kandungan nitrogen dan nisbah C/N dan bahan dasar yang dikomposkan. Kencing ternak merupakan Limbah, akan tetapi dengan teknik konservasi yang sederhana kandungan hara dalam kencing dapat dimanfaatkan sebagai pupuk.

6. Kelebihan Pemanfaatan Pupuk Kandang
Apabila kita mempunyai pupuk kandang yang berasal dari usaha tani kita sendiri tanpa harus membeli, maka harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pupuk yang dikombinasikan dengan pupuk kimia.

Pupuk organik pada umumnya lebih bermanfaat sebagai bahan pembenah tanah. Pada umumnya bahan-bahan ini mengandung N, P, dan K dalam jumlah yang rendah, tetapi dapat memasok unsur hara mikro esensial. Sebagai bahan pembenah tanah bahan organik dan pupuk kandang mempunyai kontribusi dalam mencegah erosi, pengerakan tanah, dan retakan tanah. Di samping itu, mampu meningkatkan kemampuan tanah mengikat lengas, memperbaiki struktur dan pengatusan tanah. Bahan organik juga memacu pertumbuhan dan perkembangan bakteri dan biota tanah lainnya.

Nitrogen dan unsur hara lainnya yang dikandung bahan organik di lepaskan secara perlahan-lahan. Dengan demikian pemberian yang berkesinambungan tnembantu dalam membangun tanah, terutama dalam jangka parkiang.

7. Toksisitas Pupuk Kandang
Pada umumnya, kotoran babi banyak mengandung unsur Cu (tembaga), Zn (seng) dan As (arsenikum). Pupuk kandang sapi mengandung 1% NaCl. Kotoran ayam yang digunakan untuk pupuk sering mengandung koksidiostat yang berfungsi sebagai herbisida. Apabila pupuk kandang yang mengandung bahan kimia seperti koksidiostat dimanfaatkan untuk pupuk dengan dosis tinggi secara terus menerus, maka kemungkinan besar dapat bertUngsi sebagai zat alelopati yang dapat menghambat pertumbuhan benih maupun bibit.

Penggunaan pupuk kandang dalam jumlah banyak, akan mendorong perkembangan lalat dan menimbulkan bau yang menyengat. Berkenaan dengan masalah pencemaran, bau busuk merupakan pencemaran udara yang paling besar mendapatkan perhatian.

8. Penggunaan Pupuk Kandang
Pupuk kandang selalu diaplikasikan sebelum atau pada saat pengolahan tanah sebelum benih atau bibit ditanam. Pupuk kandang setelah disebar merata di permukaan tanah kemudian tanah dibajak dan digaru. Pupuk kandang dapat ditambahkan bersama pupuk kimia pada saat tanam dengan cara membenamkan di antara tanaman sejajar dengan baris tanaman.

Pupuk kandang cair diberikan dengan cara menyiramkan pada tanaman. Apabila dalam jumlah cukup banyak dapat diberikan bersama-sama air irigasi.

9. Takaran Penggunaan Pupuk Kandang
Takaran atau dosis penggunaan pupuk kandang sangat bervariasi, tergantung pada: jenis tanaman, tanah, musim, dan jenis pupuk kandang.

10. Pupuk Kandang dalam Mempertahankan Kesuburan Tanah
Nilai pupuk kandang, tidak hanya ditentukan berdasarkan pasokan bahan organik tetapi besarnya pasokan nitrogen. Nitrogen yang dilepaskan oleh aktivitas mikroorganisme kemudian dimanfaatkan oleh tanaman.

Pupuk kandang, mempunyai pengaruh yang baik terhadap sifat fisik dan kimia tanah. Penggunaan pupuk kandang untuk mempertahankan kesuburan tanah merupakan bentuk praktek pertanian organik. Penggunaan pupuk kandang yang dipadukan dengan pupuk kimia, kapur pertanian dan tanaman legum serta didukung pengolahan tanah yang baik. pengendalian gulma dan praktek pertanian yang lain akan berdampak baik bagi pengembangan pertanian organik.

11. Penggunaan Limbah Ternak sebagai Sumber Pakan
Limbah ternak dapat digunakan langsung sebagai pakan ternak. Kenyataannya, praktek ini sudah lama dilaksanakan dan diperkirakan hara yang dikandung limbah ternak 3 -10 kali lebih bermanfaat apabila langsung digunakan sebagai pakan daripada didaur-ulang secara tradisional melalui tanaman. Hara dalam pupuk kandang berasal dari pakan yang dikonsumsi oleh ternak; lebih dari 70% N yang dimakan oleh hewan dapat dilihat dalam kotorannya, demikian juga kalium sebesar 80%. Di antara kotoran ternak, kotoran ayam mempunyal kandungan hara tertinggi, terendah sapi, sedang kotoran babi berada di antaranya.

12. Pengolahan Limbah untuk Pakan
Limbah ternak besar biasanya diolah untuk pakan dalam keadaan kering, tetapi apabila proses pengeringan terlalu tinggi akan menurunkan kandungan protein. Aroma dan rasa (meskipun nilai gizinya rendah) dapat diperbaiki melalui proses fermentasi. Kotoran ternak kecil dapat dibuat pakan melalui proses silase yang dicampur dengan sekam padi, dan menghasilkan pakan dengan kualitas baik.
Perbandingan bahan campuran dalam proses silase adalah 505 jerami padi, 20% kotoran ternak kecil kEmudian diberi sekam padi. Dari hasil penelitian campuran silase melalui proses ini, akan membuat sapi perah memproduksi susu yang lebih banyak daripada silase hanya menggunakan jagung.

Teknologi yang lebih berkembang adalah menggunakan teknologi EM. Melalui teknologi EM dapat dibuat bokashi menggunakan campuran dedak, kotoran ayam dan kotoran kambing untuk pakan ayam, sedang bokashi dengan campuran dedak dan kotoran ayam digunakan untuk pakan babi.

13. Pembuatan Bokashi Kotoran Ayam dan Kotoran Kambing
a. Satu bagian dedak padi ditambah 1 bagian kotoran ayam dan satu bagian kotoran kambing dicampur merata dan diusahakan kandungan air masing-masing bahan sama. Kotoran ayam yang digunakan dapat kotoran ayam murni atau yang telah bercampur dengan sekam padi. Selain menggunakan tiga campuran tersebut dapat juga dipersiapkan bokashi yang tidak menggunakan kotoran kambing, hanya kotoran ayam saja.
b. Ditambahkan salah satu yang tersedia sebanyak satu sendok makan gula pasiri, gula merah cair/molase, 1 sendok makan EM dan 1 liter air.
c. Kadar air bahan adonan diatur 30% (cara cepat apabila digenggam tidak menggumpal)
d. Selanjutnya masukkan dalam karung dan diikat. Proses berjalan selama 2 hari. Selama proses berlangsung akan mengeluarkan aroma manis dan bau amoniak yang berasal dari kencing kambing hilang.
Setelah dua hari bokashi siap untuk pakan ternak ayam. Membuat stok bokashi yang berasal dari kotoran ternak tidak lebih dart 7 hari, karena setelah lewat masa tersebut rasa dan aroma bokashi berubah.

14. Kendala Pemanfaatan Kotoran Ternak sebagai Sumber Pakan
Kemungkinan besar konsumen akan menolak jenis pakan yang berasal dart kotoran ternak. Masalah serius lain yang sering dihadapi bahwa kotoran ternak kadangkala mengandung bahan mineral dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga tidak layak untuk digunakan sebagai pakan. Hal ini karena kebanyakan pakan yang kaya mineral tidak mudah dihancurkan daripada bahan kaya organik. Bahan mineral kemungkinan bukan berasal dari pakan atau sumber lain, misalkan CuSO4 (tembaga sulfa) yang digunakan sebagai disinfektan untuk ternak babi. Di samping itu, kebanyakan pabrik pakan menolak untuk memproses kotoran ternak.

Pustaka
Penerapan pertanian organik: pemasyarakatan dan pengembangannya Oleh Rachman Sutanto

1 komentar:

  1. Kepada YthDept Import / Purchasing Di Tempat  Dengan Hormat,Perkenalkan kami dari PT.TRITON CAKRAWALA INDONESIA  adalah sebuah perusahaan jasa import, specialist di dalam bidang pengurusan barang import, baik di area bandara maupun di pelabuhan seluruh nusantara, berikut ini kami lampirkan satu penawaran jasa import, untuk pengurusan barang dan transportasi barang sampai ke tempat tujuan.                                                        1.      Service perusahaan kami sbb: a.    Customs Clearanceb.    Sewa Bendera / Under Namec.    Door to Door / Service Dari Negara Asald.    Boronggan / ALL-INe.    Truckingf.     Transfer EDI / PIB g.   Exporth.   Domestics Demikianlah penawaran ini yang kami ajukan,besar harapan kami dapat bekerja sama dengan bapak / ibu, atas perhatianya kami ucapkan terima kasih.                                                                                                                                               
    PT. TRITON CAKRAWALA INDONESIA
    web : https://triton-cargo.com/
    Office    : Jl. Srengseng Raya No. 96A Kembangan Jakarta Barat 11630
    From     : Mr Wahyu
    Cp/WA  : 082352362028
    Phone   : 021 2126 2091
    Email    : wahyu.import07@gmail.com

    BalasHapus